• Kamis, 6 Oktober 2022

Penyataan Jokowi Mengenai Kenaikan Harga Minyak Pertalite: Harus Diputuskan Dengan Hati-Hati

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 15:27 WIB
Presiden Jokowi menanggapi isu rencana kenaikan harga BBM jenis Pertalite (Dok. Setkab RI)
Presiden Jokowi menanggapi isu rencana kenaikan harga BBM jenis Pertalite (Dok. Setkab RI)

Orandmaybe.com Jokowi menyatakan kebijakan soal harga minyak jenis Pertalite akan dikalkulasi dan diputuskan secara hati-hati. Hal ini dilakukan agar kebijakan soal harga Pertalite tidak menurunkan daya beli rakyat dan tak mengganggu pertumbuhan ekonomi nasional.

“Ini menyangkut hajat hidup orang banyak, jadi semuanya harus diputuskan dengan hati-hati, dikalkulasi dampaknya. Jangan sampai dampaknya menurunkan daya beli rakyat, menurunkan konsumsi rumah tangga,” kata Jokowi usai menghadiri acara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2022.

Oleh karena itu, Jokowi memastikan telah memerintahkan jajarannya untuk menghitung secara cermat dan akurat terkait rencana perubahan harga Pertalite sebelum akhirnya mengambil keputusan. “Semuanya saya suruh menghitung betul hitung betul sebelum diputuskan,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Harga BBM naik tahun depan Berikut Tanggapan Luhut Binsar Panjaitan

Pemerintah, kata kepala negara, juga akan memitigasi dampak dari perubahan harga Pertalite terhadap laju inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi.

Namun Jokowi menegaskan bahwa kebijakan yang akan ditempuh pemerintah akan tetap dikalkulasi. Jokowi menekankan, pemerintah tidak akan mengambil kebijakan yang justru hanya akan memberikan beban lebih kepada masyarakat.

"Kebijakan itu yang paling penting harus mengutamakan rakyat. Itu yang harus diutamakan dengan kalkulasi yang detail. Ada angka-angkanya bukan karena populer dan tidak populer," jelasnya.***

Penulis : Sonia Sitorus

Editor: Robi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X