• Kamis, 6 Oktober 2022

Harga BBM naik tahun depan Berikut Tanggapan Luhut Binsar Panjaitan

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 15:19 WIB
Ramai Harga BBM Subsidi Bakal Naik, Luhut Pastikan Masih Dihitung dan Dikaji (Ilustrasi/PR)
Ramai Harga BBM Subsidi Bakal Naik, Luhut Pastikan Masih Dihitung dan Dikaji (Ilustrasi/PR)

Orandmaybe.com  - Luhut Binsar Pandjaitan yaitu menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan harga BBM bersubsidi harus dinaikan untuk mengurangi beban keuangan negara untuk sektor energi yang sudah mencapai Rp 502,4 trilun pada tahun ini.

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa "Mungkin minggu depan presiden akan mengumumkan kenaikan harga BBM".

Presiden sudah mengindikasikan. tidak mungkin kita mempertahankan harga yang terus demikian. Itu beban yang terlalu besar untuk APBN," kata Luhut saat memberikan kuliah umum di Universitas Hasanuddin pada Jumat (18/8).

Luhut Beri Kode Jokowi Akan Umumkan Kenaikan Harga BBM Dalam Waktu Dekat. (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Pemerintah sudah mengkaji dampak dari kenaikan harga BBM terhadap inflasi maupun ekonomi secara keseluruhan. Dia berharap, sejumlah skema jangka panjang seperti memasifkan penggunaan kendaraan listrik, pemanfaatan Biodiesel, dan menaikkan harga jual BBM Pertalite dan Solar mampu mengurangi beban subsidi energi dari tahun ke tahun.

"Inflasi tergantung pada berapa kenaikan solar dan Pertalite. Bagaimanapun tidak bisa harganya dipertahankan terus demikian. Kita harus siap-siap karena subsidi kita kemarin Rp 502 triliun," ujarnya.

Ketua Banggar Said Abdullah mengatakan, pemerintah tidak bisa terus menerus mempertebal anggaran. Ini lantaran barang bersubsidi yang disalurkan selama ini kebanyakan tidak tepat sasaran dan masih banyak dinikmati kelompok masyarakat mampu.***

Penulis : Sonia Sitorus

Editor: Robi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X