• Kamis, 6 Oktober 2022

10 Jenis Lomba Yang Identik Dengan Perayaan 17 Agustus HUT Kemerdekaan RI

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:43 WIB
foto panjat pinang (sumber pixsabay)
foto panjat pinang (sumber pixsabay)

Orandmaybe.com - Lomba selalu identik dengan  perayaan hari kemerdekaan untuk menyemarakkan suasana. Budaya lomba 17 Agustus sudah ada sejak tahun 1950-an yang kegiatan perlombaannya diadaptasi dari budaya kolonial namun tetap bermakna semangat perjuangan.

 Lomba agustusan sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya yang tidak bisa ditinggalkan. Kalau ditiadakan, seperti ada yang kurang dalam euforia merayakan HUT RI. Selain mengikuti upacara pada tanggal 17 Agustus, masyarakat juga kerap mengikuti perlombaan agustusan yang diadakan di tingkat RT atau RW. Berikut adalah jenis lomba yang identic dengan perayaan 17 Agustus

  1. Lomba Panjat Pinang

Lomba panjat pinang sangat identik dengan 17 Agustus, di mana sebuah pohon pinang yang kini bisa diganti dengan tiang apa saja, dibaluri pelumas hingga licin dan berisi hadiah menarik di puncaknya. Agar lebih menarik, hadiah yang terdapat di puncak tiang bisa diganti dengan barang-barang menghibur dan salah satunya diisi dengan hadiah 'zonk'.

   2. Memasukkan pensil atau paku ke botol

 Memasukkan pensil ke botol Lomba yang paling sering ditemukan adalah memasukkan pensil ke dalam botol. Setiap peserta lomba harus memasukkan pensil yang diikatkan ke perut dengan seutas tali ke dalam sebuah botol.

  1. Lomba Makan Kerupuk

 

Awalnya, lomba makan kerupuk hanya dilakukan dengan kerupuk yang digantung tali menjuntai, namun belakangan, agar lebih seru, pesertanya harus menutup mata dan badannya diputar-putar agar tidak fokus, kemudian baru memulai perlombaan.

  1. Lomba Memindahkan Tepung

Lomba memindahkan tepung akan menjadi salah satu yang paling ditunggu karena seru dan menghibur. Pesertanya duduk berbaris menghadap ke depan dan sebuah baskom berisi tepung akan diangkat ke atas kepala untuk mengisi baskom di peserta berikutnya.  Agar seru, peserta lomba tepung ini bisa dicampur antara anak-anak, lansia, wanita dan peserta laki-laki. Tujuan utama lomba ini adalah menjalin kekompakan dan menciptakan kegembiraan.

  1. Lomba karet wajah

Lomba ini sering diibaratkan sebagai senam wajah. Ini karena peserta harus menggerakan wajah sampai karet yang terpasang di bagian hidung jatuh ke dagu. Lomba ini cocok untuk anak-anak dan orang tua

Halaman:

Editor: Robi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X